Body, power, human, time, passing , move








Dulu saya pernah memberi judul karya ini city ground. tentang ritme waktu sebuah kota.  ternyata judul itu setelah saya kaji ulang hanya mewakili sebagian kecil saja dari karya ini. lalu saya ubah dengan satu perhitungan yaitu esensi terjadinya ritme.

saya kira gagasanlah sebab terjadinya semua itu.

sementara ritme / waktu adalah konsep , imaterial, dia bukan suatu keadaan tapi dia adalah nilai dari keadaan itu.

keadaan , itu setara dengan tubuh yaitu materi, sementara waktu adalah imaterial. sementara judul karya itu nuansanya adalah material, yaitu menuju kepada keadaan.  karena itu saya mengganti judul dengan yang unmaterial "passing of body power"

berlalunya kekuasaan tubuh , mengingatkan akan fungsi adanya pikiran.
Dan cybertech memberi  fasilitas berupa tubuh dari pikiran , salah satunya dalam wujud profile
Suatu tubuh dari apa yang dinamakan gagasan

tubuh bisa saja berjauhan tapi gagasan bisa saling terus bersinggungan,  salah satu contoh pengikat gagasan adalah idiologi.
Garis pemahaman mengikatnya melalui kait mengkait

tubuh hanya berpotensi menjadi kurus atau berdaging, tidak perduli itu tubuh hewan atau bukan hewan.  atau dia akan disebut berjenis kelamin tertentu.

tapi gagasan? saya tidak tahu apa jenis kelaminya.

karya ini bercerita tentang kemampuan gagasan / jika tidak suka disebut kehebatan ide

karena itu , dulu dikampungku ada istilah dari orang tua-tua "ora waton"

artinya, supaya kita mulai menggunakan pikiran sehingga memahami kedudukan dari akal, supaya adanya akal itu berfungsi kepada keselamatan dan bukan sebaliknya

Komentar

Postingan populer dari blog ini